Categories: Motor

China Diprediksi Kuasai Pasar Motor Listrik Jika Jepang Tidak Bergerak Cepat

Cetbang.com, Motor – Merek otomotif Jepang, seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki, sama sekali belum memiliki kendaraan listrik full baterai yang dipasarkan ke konsumen umum di Negara Indonesia.

Honda memang sudah memiliki satu model kendaraan listrik, PCX hybrid, yang dijual untuk umum. Namun untuk model full baterai seperti PCX Electric, masih sebatas disewakan untuk konsumen fleet (armada).

Sementara Yamaha pernah memperkenalkan skuter listrik e-Vino pada 2017 silam, akan tetapi hanya berupa prototipe dan digunakan untuk studi internal Yamaha Indonesia. Sedangkan Suzuki Indonesia terpantau belum aktif bergerak dalam hal elektrifikasi.

Menurut pengamat otomotif Yannes Martinus Pasaribu, saat ini China mendominasi dan memiliki posisi kuat di bidang elektrifikasi kendaraan, dibanding negara lainnya.

“Bicara sepeda motor listrik itu ada di tiga komponen utama, baterai, motor penggerak listrik, dan BMS (Battery Management System). Untuk baterai, terus terang, China yang paling maju dan siap untuk harga dengan keekonomian yang sangat kompetitif. Pabrik baterai mereka sudah menguasai pasar baterai dunia,”

Tidak hanya dari komponen baterai saja, menurut Yannes, China juga sudah menguasai sistem BMS-nya, karena hampir semua produk kelas atas dunia diproduksi di China untuk pasar global.

“Sementara untuk motor penggerak electric drive train yang paling maju saat ini di dunia adalah Bosch dari Jerman. Saat ini produksinya sudah dilakukan di China sejak lama, dan untuk menyuplai kebutuhan pasar China sendiri. Electric motor Bosch digunakan di semua sepeda motor China kelas menengah atas,” lanjut Yannes.

Lanjut Yannes menambahkan, saat ini tidak ada seorang pun yang bisa menahan laju pertumbuhan tren kendaraan listrik. Sebab cadangan minyak bumi semakin menipis, diprediksi tahun 2045 habis.

“Jadi kalau (pabrikan) Jepang tidak segera speed up, mereka akan tertinggal jauh,” tandasnya.

Nurul Hidayah

Haaaiii.. Perkenalkan saya Nurul Hidayah. I'm a wife and a mom of one lovely daughter. I'm just an ordinary woman. I'm not a popular chef but I like cooking, eating, baking and writing so much. I think life is so simple, just do the best for U and around U. ^_^

Share
Published by
Nurul Hidayah

Recent Posts

Cara Bayar Tiket Pesawat Garuda Indonesia Via Online Payment

Cetbang.com, Bisnis - Garuda Indonesia Online Payment (OLP) adalah layanan pembayaran tiket menggunakan kartu debit…

7 hours ago

Tim Petronas Yamaha Sudah Siap Jika Valentino Rossi Tiba-tiba Pensiun

Cetbang.com, Balapan - Direktur Tim Petronas Yamaha SRT, Johan Stigefelt menyatakan bahwa pihaknya telah memikirkan…

24 hours ago

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sandiaga Uno) Janjikan UMKM Ramaikan Gelaran Event MotoGP 2021

Cetbang.com, Balapan - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menegaskan akan memberikan kemudahan…

24 hours ago

Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, diguncang Gempa M 6,2

Cetbang.com, Berita Nasional - Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, diguncang gempa M 6,2. Korban berjatuhan akibat…

2 days ago

Viral di Twitter, Tangkap Ahok dan Raffi Ahmad

Cetbang.com, Berita Viral - Kapolsek Kebayoran Baru AKBP Supriyanto mengatakan akan melakukan pemanggilan kepada sejumlah…

2 days ago

Wow! CBR150R Lawas Bisa Pasang Fitur Assist Slipper Clutch

Cetbang.com, Tips Modifikasi - All New Honda CBR150R kini dilengkapi dengan fitur assist slipper clutch.…

2 days ago

This website uses cookies.