Cara Praktis Bersihkan Ikan Tongkol

Cetbang.com, Kuliner – Berbicara soal cara membersihkan ikan tongkol, tahukah Anda bahwa cara terbaik membersihkan isi dalam perut hewan tersebut adalah dengan menggunakan selang?

Berikut tips ampuh membersihkan ikan yang bisa Anda coba di rumah untuk membersihkan ikan tongkol. Ada 4 tahapan yang harus Anda lakukan.

Persiapan awal

Keluarkan ikan dari lemari pendingin, ember, atau wadah lainnya. Lalu letakkan di atas talenan atau kertas koran bekas. Hindari mengeluarkan ikan dalam waktu yang bersamaan, agar kesegarannnya tetap terjaga.

Bersihkan sisiknya

Sebelum membersihkan sisik ikan, pastikan tangan Anda memegang kuat bagian kepalanya. Setelah itu, Anda bisa menggunakan pisau bermata tajam untuk membersihkan sisik ikan. Bersihkanlah sisik ikan mulai dari bagian ekor hingga ke arah insang. Namun, berhati-hatilah ketika hendak membersihkan bagian insang, karena dapat melukai kulit Anda. Jika kedua sisi ikan telah Anda bersihkan, kini waktunya mengeluarkan kotoran-kotoran yang ada di dalam perut ikan.

Bilas ikan

Tahap selanjutnya adalah membilas ikan. Bilaslah menggunakan selang atau air keran yang mengalir. Cara ini ampuh untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih tersisa. Gunakanlah sarung tangan plastik saat hendak merogoh bagian perut ikan, agar tidak terluka oleh tulangnya.

Masukkan kembali ke dalam lemari pendingin

Setelah proses pembilasan selesai, masukkkan ikan tersebut ke dalam lemari pendingin. Lalu beralihlah ke ikan berikutnya. Namun, jika Anda ingin langsung mengolahnya, Anda dapat melakukan proses marinasi setelah pembilasan selesai.

Pelek Palang dan Peleg Jari-jari

Kelebihan dan Kekurangan dari Pelek Palang dan Jari-jari untuk Sepeda Motor

by Cak Taqim

Menu Mocktail

by Naurah Athirah Mustaqim

Menu Mocktail

Leave a Comment