Cara Membersihkan Ikan Cakalang

Nurul Hidayah 0
Cara Membersihkan Ikan Cakalang

Cetbang.com, Kuliner – Ikan Cakalang segar tergolong tidak mudah dibersihkan. Dan bila salah memotong, hasilnya bisa berantakan sehingga berpengaruh pada cita rasa Ikan Cakalang yang akan Anda olah.

Dalam membersihkan Ikan Cakalang, perhatikan bagian Ikan Cakalang yang tidak layak dikonsumsi hingga bersih.

Cara Membersihkan Ikan Cakalang

  1. Cuci terlebih dahulu Ikan Cakalang dengan air dingin. Gunakan sisi tumpul pisau untuk mengikis kotoran pada kepala Ikan Cakalang dengan air dingin yang mengalir.
  2. Putar ikan di bagian punggungnya tapi sebelumnya, alasi dengan selembar Koran. Buat potongan di bagian perut, potong hingga ke bagian dalam, setelah itu tarik isi kepala ikan hingga terbuka.
  3. Ambil insang ikan dengan jari. Setelah terasa pada jari, kemudian tarik untuk mencabutnya agar seluruh isi perut ikan bisa keluar dalam keadaan utuh.
  4. Bilas ikan, bagian dalam dan luarnya dengan air dingin yang mengalir. Gunakan sendok untuk mengambil bagian yang tersisa di dalam perut ikan. Setelah keluar, potong sirip ikan untuk menghilangkan bagian tajam. Bungkus isi perut ikan ke dalam kantong plastik agar terhindar dari bau menyengat.
  5. Ambil pisau yang tajam untuk memotong daging tuna hingga bagian dalam setebal satu inci. Potong sesuai selera Anda.

Nurul Hidayah

Haaaiii.. Perkenalkan saya Nurul Hidayah. I'm a wife and a mom of one lovely daughter. I'm just an ordinary woman. I'm not a popular chef but I like cooking, eating, baking and writing so much. I think life is so simple, just do the best for U and around U. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published.